Hosting Unlimited Indonesia

Pisang Mencegah Kanker Kolorektal


Kanker kolorektal berada diperingkat keempat pada kebanyakan kejadian kanker dan menyebabkan kematian akibat kanker di seluruh dunia. Pada tahun 1996 diperkirakan terjadi 875.000 kasus. Angka kematian yang terjadi akibat kanker ini diperkirakan terus meningkat, kebanyakan kasusnya terjadi di Negara maju dan daerah perkotaan di Negara berkembang. ( American Institute for Cancer Research, 1997)
Kanker merupakan penyakit tidak menular yang berawal dari perubahan materi genetika, atau DNA, yang ada pada sel normal dan menghasilkan sel yang tidak sama lagi dengan induknya. Kanker kolorektal adalah kanker yang terjadi  di daerah kolon (usus besar) dan daerah rectum. Secara anatomis, kolon berada di sebelah rectum. Dan daerah kolon yang berdekatan dengan tersebutlah daerah rawan kanker. Karena hampir setengah dari seluruh kasus kanker kolorektal terjadi di daerah rectum dan daerah regtosigmoid (American Institute for Cancer Researgh, 1997).
Dari berbagai penelitian  melaporkan efek positif Folat dalam mencegah  kanker kolorektal. Demikian juga dengan vitamin B12 dan B6 yang fungsinya memaksimalkan kerja folat dalam tubuh.
Pisang merupakan sumber vitamin B6 dan Folat yang sangat baik, ditambah dengan kandungan serat yang cukup baik pula, dan pisang mengadung vitamin ini lebih banyak disbandingkan dengan buah-buahan lain yang biasa dikonsumsi, selain itu pisang juga dikenal sebagai salah satu buah yang dapat melancarkan buang air besar.
Keuntungan lain dari buah pisang adalah sifatnya yang padat gizi, ekonomis dan mampu memenuhi kebutuhan vitamin B6 dan Folat dalam jumlah yang cukup signifikan dan siap santap serta sangat cocok untuk mencegah kanker kolorektal bagi siapa saja.
Adapun untuk memenuhi vitamin B12, kita harus mengkonsumsi sumber pangan hewani, seperti susu, kerang-kerangan dan daging. Untuk daging sebaiknya yang tanpa lemak dan tidak terlalu banyak.
Jadi tip mudah untuk mencegah kanker kolorektal adalah dengan 2 buah pisang ukuran sedang dan minum susu setiap hari, sepertinya cukup untuk membantu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pisang Mencegah Kanker Kolorektal"

Post a Comment