Hosting Unlimited Indonesia

Fakta Cuci Darah/Ginjal Dengan Daun Seledri


Daun seledri untuk cuci darah dan ginjal

Sebelum membahas tentang cuci darah alami dengan seledri, ada baiknya kita membahas dahulu tentang penyebab perlunya melakukan cuci darah dan juga penjelasan tentang penyakit gagal ginjal. Selanjutnya juga akan dijelaskan cara pengolahan daun seledri untuk cuci darah/ginjal


Mengapa harus cuci darah?

 Cuci darah adalah suatu proses penyaringan darah yang biasa dilakukan penderita gagal ginjal, yang mana ginjal mengalami penurunan fungsi, sehingga limbah dan sisa metabolisme yang seharusnya disaring oleh ginjal dan dikeluarkan melalui urin kali ini dapat lolos dan masuk ke aliran darah manusia. Apabila hal itu terjadi, maka zat-zat sisa metabolisme yang masuk ke aliran darah dapat menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh. Inilah alasan mengapa perlunya melakukan cuci darah bagi penderita gagal ginjal. Namun, dari sini kita juga bisa mengetahui bahwa cuci darah tidak dilakukan untuk menyembuhkan ginjal, melainkan menangani akibat kerusakan ginjal.


Apakah gagal ginjal itu?

Gagal ginjal merupakan suatu kondisi dimana ginjal mengalami penurunan fungsi sehingga tidak dapat melakukan penyaringan secara optimal. Berdasarkan tipenya, gagal ginjal dibagi menjadi dua, yaitu :
  1. Gagal ginjal akut dan
  2. Gagal ginjal kronis.

Gagal ginjal akut biasanya diderita seseorang secara tiba-tiba dan penyakitnya cenderung masih baru, sehingga gagal ginjal akut lebih mudah ditangani atau disembuhkan.  Gagal ginjal akut akan memberikan gejala khusus sehingga seseorang dapat mengetahuinya dengan segera. Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana gejala dan pengobatan gagal ginjal akut, Anda dapat membaca artikel gagal ginjal akut.
Sedangkan gagal ginjal kronis diderita seseorang dalam jangka waktu yang lama, dimana ginjal mengalami penurunan fungsi secara bertahap. Umumnya seseorang akan mengetahui bahwa ia menderita gagal ginjal kronis ketika kondisinya sudah dalam stadium lanjut. Hal ini disebabkan gagal ginjal tipe ini tidak memberikan gejala khusus ketika masih tahap awal. Gagal ginjal kronis biasanya disebabkan oleh penyakit lain, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.
Karena berlangsung lama dan fungsi ginjal sudah mengalami penurunan yang signifikan, gagal ginjal kronis cenderung cukup sulit disembuhkan.
Baik gagal ginjal akut maupun gagal ginjal kronis dapat melakukan cuci darah untuk membantu ginjal dalam menjalankan fungsi penyaringan. Dan cuci darah menjadi hal yang mutlak harus dilakukan pada penderita gagal ginjal tahap akhir. Sebenarnya ada cara lain selain cuci darah, yaitu transplantasi ginjal atau yang biasa dikenal dengan cangkok ginjal. Hanya saja biasanya orang enggan melakukan karena prosesnya cenderung rumit dan biaya transplantasi ginjal cukup besar. Oleh karena itu, cuci darah sering menjadi pilihan. Walau demikian, cuci darah juga membutuhkan biaya yang sangat besar. Hal inilah yang mendorong banyak orang untuk mencari alternatif lain selain melakukan cuci darah. Dan salah satu alternatif yang dapat menjadi pilihan adalah dengan menggunakan daun seledri.
Namun demikian, keberhasilan daun seledri dalam mengobati ginjal tentunya dipengaruhi beberapa faktor,  seperti yang dijelaskan di laman ahliginjal, sebagai berikut :
Pertama, Anda perlu mengetahui seberapa parah penyakit gagal ginjal yang Anda alami. Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan gagal ginjal dibagi menjadi dua jenis, yaitu akut dan kronis.Apabila gagal ginjal masih bersifat akut, maka Anda dapat menggunakan daun seledri untuk membantu ginjal melakukan fungsinya. Namun, apabila gagal ginjal sudah masuk kategori parah atau permanen, Anda mungkin dapat menggunakan seledri sebagai salah satu obat, namun hasilnya tidak akan terlalu signifikan. Karena seledri hanya bersifat membantu dan Anda masih perlu mendapat penanganan dokter.Dan untuk pengobatan pada penderita gagal ginjal akut, daun seledri tidak sepenuhnya memiliki kemampuan seperti cuci darah yang dilakukan dokter. Anda perlu segera mengobati penyakit ginjal sehingga kondisi tidak semakin parah. Karena peran daun seledri di sini adalah membantu melakukan cuci darah dan tidak menyembuhkan penyakit gagal ginjal.Jadi pertama, ketahui penyebab gagal ginjal akut yang Anda alami. Biasanya, pada penderita gagal ginjal akut penyebabnya adalah adanya sumbatan batu dan dehidrasi. Kemudian, konsumsi daun seledri untuk menghindari penumpukan cairan berlebihan, tingginya kadar kalium, atau ketidakseimbangan pH di dalam darah. Selain menggunakan seledri, Anda juga dapat menggunakan alternatif lain, seperti kulit manggis, mengkudu, dan lain sebagainya.

Cara pengolahan daun seledri untuk cuci darah

Seperti yang ditulis di laman ahliginjal, berikut ini cara pengolahan daun seledri untuk cuci darah:
Berikut beberapa langkah pembuatan seledri untuk cuci darah alami.
  • Pertama, Anda siapkan satu ikat daun seledri yang masih segar kemudian cuci sampai bersih.
  • Potong daun seledri dengan ukuran yang kecil.
  • Panaskan air secukupnya dalam panci sampai mendidih.
  • Masukan potongan daun seledri ke dalam panci dan tunggu sampai sepuluh menit.
  • Angkat dan saring ke dalam gelas dan tunggu hingga dingin sebelum dikonsumsi.

Dengan mengkonsumsi satu sampai dua kali setiap hari secara rutin, khasiat daun seledri akan membantu membuang racun dalam darah yang lolos dari ginjal.

Pendapat dokter tentang daun seledri sebagai pencuci darah/ginjal

Berikut ini jawaban dari dokter Ayutika Saraswati Adisasmito melaui klikdokter.com

Daun selederi memang memiliki khasiat yang baik untuk ginjal. Tetapi untuk tindakan mencuci ginjal atau dapat berfungsi sebagai cuci ginjal, masih belum ada bukti yang menyatakan seledri dapat menggantikan cuci ginjal.Cuci ginjal sendiri dilakukan pada gagal ginjal yang permanen / kronik, dan dapat juga dilakukan pada gagal ginjal yang baru / akut.Terapi pilihan pada gagal ginjal yang kronik (eGFR <15 ml/min) bukan hanya meliputi cuci darah saja, tetapi juga terdapat pilihan untuk menggunakan CAPD atau Continous Ambulatory Peritoneal Dialysis dan transplantasi ginjal. CAPD adalah alat cuci darah yang dimasukkan ke rongga perut agar dapat dilakukan sendiri di rumah. Penentuan yang mana yang dapat dilakukan tentunya bervariasi pada setiap pasien. Maka perlu dilakukan konsultasi lebih lanjut untuk menentukan terapi mana yang cocok.Bila Anda tertarik dengan khasiat seledri, simaklah poin-poin berikut:
  • Daun seledri memiliki kandungan tinggi vitamin A, sementara batang merupakan sumber vitamin B1, B2, B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino esensial yang tinggi.
  • Natrium organik alami yaitu garam dalam seledri sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Bahkan untuk anda yang mengalami gangguan dengan kestabilan darah seperti hipertensi masih aman untuk mengkonsumsi natrium yang terkandung di dalam seledri. Manfaat seledri selalu dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah padahal saledri juga dapat membantu anda dalam menjaga fungsi ginjal.
  • Pada atlet saledri bisa dikonsumsi dengan cara di jus untuk menyempurnakan pasca latihan tonik karena menggantikan elektrolit yang hilang dan rehydrates tubuh dengan kandungan mineral yang terkandung di dalam seledri
  • Kandungan kumarin yang terdapat di dalam seledri mampu mencegah pembentukan dan perkembangan kanker usus dan perut. Selain itu seledri mampu menjadi efek pencahar alami seledri yang membantu untuk meringankan sembelit.
  • Kandungan dari seledri yang dibuat jus seledri dapat membantu mengontrol nafsu makan anda
  • Efek diuretik dari seledri yang membantu pemecahan dan penghapusan urin dan empedu.
  • Seledri diketahui mengandung setidaknya delapan keluarga senyawa anti kanker. Diantaranya adalah acetylenics yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan sel tumor. Asam fenolat yang menghalangi aksi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel tumor. Dan kumarin yang membantu mencegah radikal bebas dari sel-sel yang merusak. Selain itu kandungan mineral yang terdapat di dalam seledri juga mampu menyeimbangkan pH di dalam tubuh dan menetralkan keasaaman.
Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai seledri sebagai pencuci darah. Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Cuci Darah/Ginjal Dengan Daun Seledri"

Post a Comment