Hosting Unlimited Indonesia

Teknologi Layar Sentuh Terbaru 2017

Seperti halnya teknologi lainnya, layar sentuh atau touchscreen, juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak sekali alat baru, yang dikembangkan berdasarkan teknologi layar sentuh, yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Berikut ini adalah teknologi layar sentuh terbaru yang sudah ditemukan saat ini walaupun masih berupa prototipe

Proyektor ini merubah permukaan apapun jadi layar sentuh.

Proyektor layar sentuh
Layar sentuh di smartphone, tablet, laptop, bahkan smart TV itu sudah biasa, namun Sony kini akan mengubah benda sehari-hari, seperti meja, tembok, buku dan lain-lain  menjadi sebuah layar sentuh yang unik. Dan ini merupakan salah satu teknologi layar sentuh terbaru saat ini
Perusahaan teknologi terkemuka asal Jepang ini telah memamerkan prototipe sebuah proyektor pada ajang SXSW beberapa waktu yang lalu. Bukan proyektor biasa yang hanya menampilkan gambar, namun proyektor ini mampu mengubah semua permukaan menjadi layar sentuh yang sensitif. Menariknya, tak hanya permukaan datar saja, namun permukaan yang tidak rata sekalipun juga bisa. Bahkan pada pengujian di SXSW kemarin, proyektor tersebut mampu membaca sentuhan pada permukaan gelas dan buku yang tidak rata. Hal tersebut dapat terjadi karena proyektor ini memiliki sejumlah sensor sehingga ia mampu membaca apa yang sudah ditampilkan di atas permukaan yang ia sorot.

Proyektor ini  (Xperia Projector )mampu menampilkan proyeksi gambar hingga 21 inci dalam permukaan apapun dan memiliki kamera bawaan untuk melakukan panggilan video. Tentu saja, dengan menggunakan sistem operasi Android, proyektor ini mampu menjalankan jutaan aplikasi Android, termasuk game Fruit Ninja yang ternyata cukup asyik dimainkan pada permukaan meja. Selain cocok untuk bermain game, Xperia Projector juga sangat cocok untuk menjalankan aplikasi seperti Chrome, Maps dan Google Earth.

Secara lengkap, bisa dilihat di videonya disini

Papan Tulis interaktif

layar sentuh interaktif
Alat ini dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar di kelas yang lebih interaktif dan dinamis. Adalah Dell yang menawarkan layar sentuh seluas 70 inci untuk kolaborasi, dengan 10-point sentuhan tangan ditambah dua stylus, serta lapisan anti-silau dan anti-noda pada kaca penutup agar mudah dilihat, dan komponen layar berkualitas untuk menampilkan teks dan gambar yang lebih jelas.
Layar lebar tersebut dirancang khusus sebagai alternatif untuk papan tulis intertaktif, dan mengingat ukurannya yang sangat besar, layar tersebut mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih baik. Bahkan ini lebih baik ketimbang TV layar lebar yang kadang-kadang hanya digunakan untuk menampilkan slide presentasi saja. Tapi dengan hadirnya kemampuan layar sentuh, ini akan menjadi lebih berguna. Karena merupakan produk yang tergolong baru, tentu saja harga yang ditawarkan tidak murah. Dell telah menyantumkan produk ini di situsnya, di mana layar tersebut dibanderol sebesar $5.000 atau setara dengan Rp66,6 jutaan. Semoga saja akan segera hadir kompetitor dengan harga yang lebih terjangkau.

Selengkapnya: disini

Airbar merubah layar monitor biasa menjadi layar sentuh

Alat canggih ini bisa merubah semua layar monitor biasa menjadi seperti layar sentuh, AIRBAR namanya. Perangkat ini berbentuk kotak persegi panjang yang tipis, dilengkapi dengan sebuah kabel USB. AirBar ini merupakan produk buatan sebuah perusahaan startup asal Swedia, Neonode. Cara kerja dari AirBar tergolong simpel, perangkat ini akan memproyeksikan cahaya yang tak terlihat di seluruh layar. Saat jari kita, atau benda-benda seperti pena atau kuas menutupi cahaya tersebut maka jari kita atau benda tersebut bereraksi tanpa benar-benar menyentuhnya.

AirBar dapat dipasangkan pada berbagai jenis laptop dengan ukuran layar yang beragam, mulai dari ukuran 11,6 inci, 13,3 inci, 14 inci dan 15,6 inci. Bahkan kabarnyaAirBar juga akan dirilis untuk layar perangkat komputer yang memiliki dimensi lebih luas. Tapi yang cukup disayangkan adalah, AirBar untuk saat ini masih belum maksimal pada perangkat laptop buatan Apple, MacBook.

Selengkapnya disini

Layar Pre sensing, memunculkan menu baru saat jari diatas layar

layar sentuh presensing dari microsoft
Ini adalah hasil riset dari Microsoft.  Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti sudut dan kecepatan pendekatan jari pengguna, prototipe ini mendeteksi gerakan dalam bidang tertentu di atas layar dan dapat memunculkan menu baru dan pilihan interaksi yang sesuai. Saat jari melayang di atas layar saat menonton video misalnya, maka dapat ditampilkan kontrol volume, bermain dan menghentikan player, yang kemudian dapat menekan atau tarik seperti biasa.
Ketika deteksi grip dipadukan, hal ini menjadi tambah menarik. Perangkat ini dapat menentukan apakah Anda menggunakan satu atau kedua tangan untuk memegangnya, dan dapat memunculkan menu kustom tergantung pada jari yang Anda gunakan. Microsoft juga menunjukkan bahwa pre-touch dan perintah sentuhan tradisional dapat dikombinasikan untuk memungkinkan penggunaan yang lebih nyaman pada smartphone. Untuk lebih detailnya tentang teknologi layar sentuh terbaru ini, untuk lebih jelasnya lihat tayangan video ini.


Layar sentuh di lengan

layart sentuh di lengan
Salah satu kelemahan jam tangan pintar adalah ukuran layarnya yang relatif kecil. Pabrikan gawai Samsung berusaha mengatasi kelemahan itu dengan memindahkan layar ke tangan pengguna.
Dilansir Yahoo News, Senin (16/5/2016), Samsung langsung mendaftarkan paten teknologi terbarunya. Teknologi itu memungkinkan jam tangan pintar Samsung bisa memindahkan (bak proyektor) antarmuka jam ke tangan, dinding, atau permukaan manapun.
Hak paten teknologi itu didaftarkan ke badan paten Amerika Serikat (AS), United States Patent and Trademark Office (USPTO) pada 5 Mei 2016. Dalam berkas hak paten yang didaftarkan Samsung terlihat bagaimana layar tambahan di tangan pengguna bisa dioperasikan langsung oleh jari tangan layaknya layar digital. jari pengguna akan dikenali melalui kamera dan sensor pada proyektor jam tangan.
Maka, untuk beberapa keperluan, pengguna tak perlu kesulitan menavigasikan jam tangan pintarnya lewat layar yang sempit. Pengguna hanya perlu menekan tombol tertentu yang dipantulkan proyektor ke tangan. Selanjutnya, jam tangan akan mengerjakan perintah pengguna.
Demikian beberapa teknologi layar sentuh terbaru tahun 2017, semoga bisa menambah pengetahuan kita

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknologi Layar Sentuh Terbaru 2017"

Post a Comment