Hosting Unlimited Indonesia

Mudahnya Berbagi dengan Orang Lain

begitu mudahnya kita berbagi
Hidup ini akan terasa bermanfaat bila hidup ini berguna bagi orang lain. Dan akan terasa indah bila bisa berbagi dengan orang lain.

Semua orang pasti tahu, kamajuan teknologi begitu cepat, dan karena kemajuan teknologi inilah ternyata bisa membuat kita begitu mudahnya berbagi sebagian rizki yang kita peroleh kepada orang lain yang mermbutuhkan.

OK! Sobat semua. Ketahuilah, melalui kitabisa.com, kita bisa menggalang dana atau hanya sekedar memberikan donasi kepada orang lain yang memang sangat membutuhkan.
Kitabisa.com adalah website untuk menggalang dana dan berdonasi secara online terpopuler di Indonesia. Di luar negeri website sejenis disebut juga sebagai Crowdfunding Platform.
Adapun dana yang digalang dapat bertujuan untuk bantuan biaya pengobatan, memberikan beasiswa bagi yang membutuhkan, program yayasan/panti asuhan, mendirikan rumah ibadah/sekolah/infrastruktur umum, santunan bencana alam hingga galang dana antar alumni/komunitas, dll.

Mengenai legalitasnya,”Kitabisa” memiliki badan hukum Yayasan untuk pengelolaan dana publik yang melakukan penggalangan dana dan berdonasi di situs Kitabisa.com. 
Terkait regulasi pemerintah, UU No.9/1961 tentang Pengumpulan Uang dan Barang tidak memberikan panduan spesifik mengenai donasi online, situs crowdfunding, atau patokan biaya administrasi.
KitaBisa.com juga menjaga hubungan baik dengan OJK dan Kementrian Sosial Republik Indonesia terkait operasi dan pengembangan situs Kitabisa.

Nah! Melalui situs kitabisa.com ini kita bisa menggalang dana untuk membantu orang lain.
Galang dana (campaign) merupakan kegiatan mencari atau menghimpun dana untuk tujuan tertentu.

Untuk penggalang dana, kitabisa.com membuat proses galang dana Anda menjadi:
  • Simple (mudah)
    Buat halaman campaign Anda dalam 5 menit. Setelahnya, seluruh administrasi donasi akan dikelola oleh Kitabisa dan Anda siap menerima donasi melalui 4 rekening bank dan kartu kredit. Tidak perlu lagi membuat catatan donasi secara manual dan menggunakan rekening personal yang rentan tercampur dengan uang pribadi.
  • Transparan
    Tampilkan informasi lengkap tentang campaign Anda di sebuah halaman yang dapat diakses oleh siapa saja secara online. Di halaman tersebut orang dapat melihat jumlah donasi yang terkumpul dan list donatur untuk memastikan donasi mereka sudah diterima.
  • Akuntabel
    Melalui fitur update, setiap perkembangan dari campaign Anda akan langsung terkirim ke alamat email setiap donatur. Pastikan kepercayaan dan amanah donatur terjaga melalui fitur update.
  • Viral
    Karena berbasis online, Kitabisa.com sangat memungkinkan campaign Anda menjadi viral di social media, dan mendapatkan donatur di luar jejaring Anda.

Adapun cara menggalang dana di situs kitabisa .com adalah sebagai berikut:

Langkah pertama, tentunya harus daftar dulu di situs kitabisa.com. langkah selanjutnya adalah:
  1. Klik menu “Galang Dana”
  2. Isi form penggalangan dana, berikan informasi dan cerita yang lengkap, transparan dan menarik seputar campaign Anda
  3. Klik “launch campaign saya” setelah Anda mengisi seluruh kolom yang tersedia dan Anda akan memiliki halaman galang dana online.


Setelah campaign Live, silakan ajukan verifikasi akun dengan cara:
  1. Login ke akun Anda
  2. Klik setting
  3. Klik verifikasi akun
  4. Upload foto KTP dan foto diri (menyesuaikan dengan contoh yang sudah kami tampilkan pada halaman verifikasi)


Mudah bukan? Jadi… jika anda melihat ada orang yang sangat membutuhkan bantuan, bisa menggunakan menu ini untuk menggalang dana untuk selanjutnya disalurkan kepada orang tersebut. Adapaun donaturnya bisa berasal darimana saja, karena anda bisa mengajak teman-teman anda melalui media social.

Jika anda hanya ingin memberikan donasi/sumbangan, itu juga sangat mudah.
Seperti halnya kalau kita akan menggalang dana, untuk memberikan donasi/sumbangan, juga harus mendaftar dulu di situs  kitabisa.com, selanjutnya :
  1. Klik menu donasi
  2. Pilih campaign (bidang penggalangan dana) yang Anda minati >> Klik tombol Donasi Sekarang >> Masukkan informasi yang diminta (jumlah donasi, kontak Anda, metode pembayaran)
  3. Di akhir proses donasi online, Anda akan memperoleh no rekening bank dan tagihan (nominal donasi + kode unik) yang diminta sistem, kecuali jika Anda membayar dengan kartu kredit.
  4. Transfer dengan mencantumkan kode unik pada nominal transfer.
  5. Mohon transfer tepat sesuai dengan nominal tagihan sistem (mencantumkan kode unik yang diberikan sistem), supaya donasi Anda terverifikasi secara otomatis oleh sistem.
  6. Kode unik tersebut juga akan diakumulasikan sebagai donasi pada campaign yang Anda maksud.
  7. Dalam 1 hari kerja, donasi terverifikasi secara otomatis oleh sistem Kitabisa

Banyak sekali kategori yang bisa anda pilih untuk menyalurkan dana anda, tinggal klik aja? Kita Bisa!
Ternyata begitu mudahnya kita bisa berbagi dengan orang lain, Tunggu apa lagi, silahkan berpartisipasi.

Link berikut ini adalah contoh penggalangan dana Pembangunan Masjid di Papua, yang saat tulisan ini saya terbitkan dana sudah terkumpul Rp 2.696.826.050 dengan target  3 M.
https://kitabisa.com/bantumuslimaslipapua

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mudahnya Berbagi dengan Orang Lain"

Post a Comment