Hosting Unlimited Indonesia

Fakta dan Misteri Segitiga Bermuda

Seperti yang tercantum di wikipedia ,Segitiga Bermuda (bahasa Inggris: Bermuda Triangle) adalah wilayah di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil2 atau 4 juta km2 yang membentuk garis segitiga antara Bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik di sebelah utara, Puerto Riko, teritorial Amerika Serikat sebagai titik di sebelah selatan dan Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat sebagai titik di sebelah barat.

contoh gambar segitiga bermuda
Segitiga bermuda pertama kali ditemukan pada pelayaran Christoper Colombus tahun 1492. Pada tanggal  11 oktober di tahun yang sama, saat kapal Christoper Colombus melihat cahaya aneh yang berkilau di cakrawala yang hingga kini belum bisa dijelaskan apa sebenarnya cahaya yang terlihat tersebut.

Seperti diketahui bersama, kapal ataupun pesawat terbang yang melintasi di wilayan segitiga bermuda  di sebut-sebut  pasti akan mengalami kecelakaan dan menghilang secara misterius. Karena hal itulah wilayah segitiga bermuda ini layaknya kuburan di dasar laut. Setidaknya ada sekitar 300-an bangkai kapal di dasar laut segitiga bermuda. Dari ratusan bangkai kapal di lautan segitiga bermuda, salah satunya yang telah berhasil ditemukan adalan kapal Christoper Calon, yang kandas pada tahun 1936 dalam rute perjalanan dari Newyork Amerika Tengah

Dari kecelakaan yang terjadi di segitiga bermuda, beberapa hal dikemukakan menjadi penyebab kecelakaan dan hilangnya kapal laut dan pesawaat yang melintasi segitiga bermuda.  Salah satunya wilayah ini disebut sebagai pangkalan UFO sekelompok makhluk luar angkasa yang tidak mau diusik oleh keberadaan manusia. Namun ada pula penjelasan lain yg dipublikasikan oleh badan penyelidikan geologi Amerika Serikat pada tahun 1981. setelah melakukan uju coba di laboratoriun, di dapatkan hasil adanya gas metan  dari tambang  gas metana di dasar laut segitiga bermuda dan di beberapa daerah lain sepanjang tepi pesisir benua. Tambang ini terbentuk saat gas metana menumpuk di dasar laut dan dapat muncul secar tiba-tiba dari dasar laut sehingga bisa membahayan siapa dan apaun yang melintasinya.

Air yang dilalui gas ini mendidih sampai terlihat sebagai "air bercahaya putih". Blow out serupa yg pernah terjadi dilaut Kaspia sudah banyak menelan anjungan pengeboran minyak sebagai korban. Regu penyelamat yang dikerahkan tidak menemukan sisa sama sekali. Mungkin karena alat dan manusia yang menjadi korban tersedot pusaran air, dan jatuh kedalam lubang bekas retakan dasar laut, lalu tanah dan air yang semula naik ke atas tetapi kemudian mengendap lagi didasar laut, menimbun mereka semua. Fakta berikutnya tentang segitiga bermuda, adalah teori gempa laut dan gelombang besar diwilayah segitiga bermuda yang di sebabkan oleh gesekan dan goncangan didasar lautan atlantik yang menghasilkan gelombang dasyat sehingga menyababkan kapal laut ataupun pesawat kehilangan kendali dan langsung menuju dasar laut dengan kuat dan cepat hanya dalam beberapa detik saja . Gelombang besar ini memiliki kekuatan arus yang mampu menelan serpihan pesawat beserta penumpangnya . ditambah lagi kedalaman laut segitiga bewrmuda mencapai 33ribu meter  yang memungkinkan untuk menelan kapal berukuran besar.

Dari sekian banyak insiden kecelakan segitiga bermuda yang disorot seluruh dunia,  beberapa diantaranya tercatat sebagai insiden yang paling terkenal seperti USS Cyclops (AC-4)  awalnya menghilang setelah meninggalkan Barbados pada tahun 1918 begitu pula dengan pesawat  Douglas DC-3 Argosy Airlines Flight 902 yang berisi tiga puluh dua orang hilang pada 1958 dan hinnga kini jejak pesawat itu tak pernah diketemukan. Serta ada juga sebuah kapal pesiar yang berhasil selamat dari terjangan badai da ditemukan pada tahu 1955 tanpa adaya satu awak yang ditemukan. Namun insiden yang paling terkenal adalah kisah penerbangan 19 y ang merupakan kesatuan angkatan udara dari 5 pesawat pembom angkatan laut Amerika Serikat.  Penerbagan ini terakhir kali terlihat saat lepas landas di Fort Lauderdale, florida pad 5 desember 1945.  Pesawat-pesawat penerbangan 19 dibuat secara sistematis oleh para ahli penerbangan dan kelautan untuk menghadapi situasi buruk namun secara tiba-tiba dengan mudah menghilang setelah mengirim   laporan mengenai gejala  pandangan aneh yang tidak masuk akal.

Karena pesawat-pesawat pada Penerbangan 19 dirancang untuk dapat mengapung di lautan dalam waktu yang lama, maka dianggap penerbangan tersebut masih mengapung-apung di lautan menunggu laut yang tenang dan langit yang cerah.
Setelah itu, dikirimkan regu penyelamat untuk menjemput penerbangan tersebut, namun tidak hanya pesawat Penerbangan 19 yang belum ditemukan, regu penyelamat juga ikut lenyap.

Berikut ini rangkuman peristiwa misteri yang terjadi di wilayah segitiga bermuda
  • 1840: HMS Rosalie
  • 1872: The Mary Celeste, salah satu misteri terbesar lenyapnya beberapa kapal di segitiga bermuda
  • 1909: The Spray
  • 1917: SS Timandra
  • 1918: USS Cyclops (AC-4) lenyap di laut berbadai, namun sebelum berangkat menara pengawas mengatakan bahwa lautan tenang sekali, tidak mungkin terjadi badai, sangat baik untuk pelayaran
  • 1926: SS Suduffco hilang dalam cuaca buruk
  • 1938: HMS Anglo Australian menghilang. Padahal laporan mengatakan cuaca hari itu sangat tenang
  • 1945: Penerbangan 19 menghilang
  • 1952: Pesawat British York transport lenyap dengan 33 penumpang
  • 1962: US Air Force KB-50, sebuah kapal tanker, lenyap
  • 1970: Kapal barang Perancis, Milton Latrides lenyap; berlayar dari New Orleans menuju Cape Town.
  • 1972: Kapal Jerman, Anita (20.000 ton), menghilang dengan 32 kru
  •  1976: SS Sylvia L. Ossa lenyap dalam laut 140 mil sebelah barat Bermuda.
  • 1978: Douglas DC-3 Argosy Airlines Flight 902, menghilang setelah lepas landas dan kontak radio terputus
  • 1980: SS Poet; berlayar menuju Mesir, lenyap dalam badai
  • 1995: Kapal Jamanic K (dibuat tahun 1943) dilaporkan menghilang setelah melalui Cap Haitien
  • 1997: Para pelayar menghilang dari kapal pesiar Jerman
  • 1999: Freighter Genesis hilang setelah berlayar dari Port of Spain menuju St Vincent.


 Demikian beberapa fakta dan misteri segitiga bermuda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta dan Misteri Segitiga Bermuda"

Post a Comment